Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Sayangilah Pemuda 2



Pada bagian sebelumnya kita telah memaparkan pandangan, Psikolog, Pendidik, dan Sosiolog mengenai remaja atau pemuda. Ketiga-tiganya meyakini bahwa masa muda adalah masa krisis.

Saya secara pribadi tidak sepakat dengan keyakinan tersebut. Jika kita sepakat bahwa masa muda adalah sebuah masalah atau krisis, maka masalah itu tidak terletak pada pemuda itu sendiri, karena mereka  (memiliki hati yang lembut) sangat peka, pemurah, beritikad baik. Mereka siap untuk memahami dan berkompromi dengan dunia di sekelilingnya. Pemuda bukanlah sebuah masalah. Tetapi, masalahnya adalah mengetahui bagaimana bisa akrab dan bekerja bersama mereka.

Pemuda – putra atau putri – tidaklah bandel, dalam keadaan bingung secara alamiah, atau kasar. Tetapi sebaliknya, lingkungan dan milieu menjadi rumah, sekolah, jalan atau institusi. Seseorang boleh jadi tidak secara pantas bergaul dengan ketajaman perasaan kaum muda dan sebaliknya memperlakukan mereka dengan kasar dalam menghadapi kekasaran mereka.

Seseorang boleh jadi keliru dalam berhubungan dengan orang lain  yang baru saja meninggalkan masa kecil memasuki masa remaja. Kaum muda bisa saja melihat sebagaimana anak kecil yang masih saja senang bermain. Kata-kata pujangga dibawah ini barangkali tepat untuk mereka yang terlibat dalam bidang ini:

Laila tetaplah belia dimataku,
Karena kemarin, ia belum tumbuh dewasa kecuali seukuran jari

Jika ini sebuah analogi, maka anda tidak seharusnya berharap dari mereka yang bekerja dengan pemuda kecuali meletakkan beban dan memberlakukan larangan-larangan – menghunus pedang untuk mencegah hal-hal yang Tuhan tidak pernah berikan wewenang kepada mereka, sehingga orang-orang menjadikan mereka sebagai teladan.

Para orang tua, guru, pakar pendidikan, harus memahami betul kondisi mereka sehingga bisa mengarahkan dan mendidik mereka dengan mudah. Masalah yang mereka hadapi tidak disebabkan dari dalam dirinya tapi dari luar yaitu lingkukangan. (tamat)

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D