Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Maulid: evaluasi dan upgrade kualitas keilmuan

Pribadiadi agung adalah impian setiap manusia. Tak ada satupun yang menyangkal bahwa dirinya tak ingin menjadi sosok yang mulia baik di mata tuhan maupun manusia.  Hanya saja impian tersebut terkadang mendorong manusia untuk meningkatkan kualitas dirinya dengan berbagai macam ritual keagamaan dan terkadang pula malah mendorong manusia untuk keluar dari eksistensi kemanusiaannya.

Tuhan berdasarkan cinta dan kasih sayangnya telah mengutus manusia-manusia agung sebagai pedoman hidup, salah satunya adalah Muhammad SAW.

Kecintaan terhadap nabi penutup ini terlihat dalam ragam bentuk acara peringatan hari kelahirannya. Hanya saja perayaan tersebut terkadang meninggalkan bekas  dan terkadang pula hanya berlalu begitu saja tanpa meninggalkan jejak makna dalam hidup.

Sebenarnya perayaan maulid adalah media untuk mengevaluasi kecintaan kita sebagai seorang pengikut dan  menjadi motor penggerak untuk meningkatkan kualitas kemanusiaan.

Maka dari itu, maulid bukan hanya sebatas perayaan yang berlalu tanpa ada setes makna yang bisa diambil tapi sebagai sarana untuk mengevaluasi diri. Apakah kita sudah sampai pada tingkatan pengikut yang setiap saat rindu pada nabinya atau kah kecintaan itu hanya kata-kata yang keluar dari rongga mulut yangy tidak memiliki bukti kongkrit.

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

JOIN CONVERSATION

3 komentar:

  1. Saya menemukan fakta unik di Lombok. Di sana maulid justru lebih sakral dan lebih ramai diperingati dibanding dgn lebaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak daerah yg seperti itu bang salah satunya juga di Sulawesi. Alasan mereka sederhana, peringatan maulid adalah momentum untuk mengekspresikan cinta pada nabi sedang lebaran hanyalah bersifat individual dan lebaran TDK akan pernah berarti tanpa adanya kanjeng nabi sebab ialah pembawa risalah sehingga umat Islam merayakan lebaran. Mungkin ada alasan lain bang yg menjadi pegangan masyarakat Lombok. Mohon share bang pendapatnya jika ada biar bisa menambah pengetahuan saya

      Delete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D