Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Sabar yaa Agnez Mo... Sebagian Masyarakat Di Negara Kita Memang Aneh


Terkadang saya bingung dengan corak pemikiran sebagian masyarakat Indonesia yang menganggap segala sesuatu dari tanah arab itu mulia sehingga di sakralkan. Agnez Monica yang mengenakan kostum bertuliskan bahasa arab saat memeriahkan hari ulang tahun Indosiar Ke-21 pada tanggal 11 Januari 2016 di Stora Senayan, dianggap melecehkan Islam padahal, tulisan arab yang terdapat kostum itu bermakna persatuan. Tidak ada sedikitpun unsur penghinaan dalam kandungan kata tersebut.


Kalau kita memaknai lebih luas terkait kata Al-Muttahidah (persatuan) maka bisa saja kita memaknainya sebagai seruan kepada masyarakat Indonesia untuk bersatu melawan penyimpangan sosial.

Memang betul, kita harus menghormati bahasa arab karena  Al-Qur’an dan Rasulullah SAW menggunakan bahasa itu. Tapi bukan berarti segala yang berbau arab itu suci sehingga tidak boleh digunakan disembaran tempat. 


Kalau Agnez Monica dikecam karena mengunakan kostum transparan dengan tulisan arab didepannya, maka bagaimana dengan orang arab yang seksinya minta ampun yang menggunakan bahasa arab disetiap konsernya? Dan bagaimana dengan pembesar-pembesar Arab yang menghadiri tempat-tempat tercela seprti diskotik dengan mengunakan kostum ala arabia? Dan bagaimana dengan orang-orang yang mengunakan simbol agama dan meneriakkan Allahu Akbar tapi kerjaannya membunuh orang yang tak bersalah? Bukankah itu jauh lebih menodai ajaran Islam?
 
Kalau kita membandingkan Agnez Monica yang hanya menggunakan Kostum bertuliskan arab dengan penyanyi seksi arab yang menggunakan bahasa arab yang fasih, maka orang-orang arab jauh lebih tidak menghormati ajaran islam ketimbang Agnez Monica karena bahasa arab adalah bahasa sehari-hari Rasulullah SAW.

Mari kita sedikit mengkaji lebih luas duduk permasalahan ini. Sebelum Rasulullah SAW diutus ke muka bumi untuk menyempurnahkan Ahlaq dan agama-agama samawi, bahasa arab telah digunakan oleh kaum jahiliyah dan mereka melantungkan syair-syair berbahasa arab sebagai tolak ukur kecerdasaan pada zaman itu. Kaum Kristiani di arab juga melantungkan lagu rohani dengan bahasa arab yang fasih. Para wanita nasrani mengenakan hijab yang nampak seperti muslimah. Lalu apakah dengan serta merta kita mengatakan bahwa mereka itu melecehkan ajaran islam?. Etss!!! Tunggu dulu kawan. Islam itu bukan simbol atau budaya arab sehingga segala sesuatu yang  berkaitan dengan keduanya dianggap suci dan sakral. Islam adalah rahmat bagi semesta alam yang mengajarkan pengikutnya cinta damai dan saling menghormati bukan saling melecehkan.

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D