Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

ketika Hijab dan Jilbab disalah artikan (1)

Berbicara tentang hijab pahaman kita akan tertuju pada busana yang sering digunakan oleh muslimah sebagai salah satu simbol ketaatan terhadap perintah Allah SWT.

Dikalangan para ilmuan, hijab menjadi bahan diskusi yang sangat menarik.Sampai saat ini, hijab masih diperdebatkan oleh sebagian ilmuan dan diantara mereka ada yang meluangkan waktu yang cukup lama untuk terjun langsung meneliti asal-mula islam mengunakan hijab.

Perdebatan para ilmuan ini membuat saya sangat tertarik untuk menkaji masalah hijab tersebut. Maka dari itu saya mencoba mengangkat tema ini untuk didiskusikan agar kita bisah mengetahui apa yang sebenarnya menjadi inti perdebatan para ilmuan dan kenapa hijab sampai sekarang masih diperdebatkan.

Untuk mengetahui letak permasalahan tersebut bukanlah sesuatu yang mudah, kita butuh refrensi yang banyak, menganalisa, dan berfikir secara mendalam untuk mengunkap letak perdebatan tersebut. maka dari itu, saya ingin memaparkan sedikit tentang hijab agar kita memiliki gambaran, dan dengan gambaran tersebut kita bisa mengetahui letak perdebatan mereka dengan mengunakan sedikit analisa dan berfikir secaara mendalam.

Defenisi Hijab

Dalam kamus bahasa arab kata hijab diartikan tirai atau penghalang. dalam artian, hijab tidak hanya sebatas busana yang dikenakan oleh wanita muslim sebagaimana yang dipahami sebagian ulama, tetapi hijab memiliki makna yang sangat luas. maka dari itu kita bisa menyimpulkan bahwa hijab memiliki dua pengertian yaitu umum dan khusus.

Dalam pengertian khusus, hijab dimaknai sebagai salah satu busana yang dikenakan oleh para wanita untuk menutupi auratnya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Karena sabagaimana kebanyakan ulama berkata bahwa wanita adalah salah satu faktor yang bisa membuat lawan jenisnya hilang kendali dan merupakan salah satu dari sekian banyak yang bisa menimbulkan dosa . Ini dikarenakan seorang wanita memiliki sebuah daya tarik yang sangat luar biasa, daya tarik ini yang kita kenal sebagai sifat jamalia. pengertian khusus ini yang disebut sebagai jilbab.

Sedangkan Dalam pengertian umum hijab dimaknai sebagai suatu penghalang. Hijab tidak hanya sebatas sebuah busana ( jilbab ) yang dikenakan oleh kaum wanita untuk menutupi auratnya. karena Laki-lakipun senantiasa memakai hijab hanya saja batasan hijab antara laki-laki dan perempuan berbeda.

Kata hijab juga seringkali digunakan dalam kajian-kajian ilmiah, filsafat dan irfan,  yang sering kita artikan sebagai penghalan untuk mendapatkan sebuah ilmu, pengahalang untuk sampai pada hakikat tertingi. (bersambung)

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D