Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Kenalilah Musuh Terbesar


Dalam mengarungi kehidupan, manusia harus mengenal musuh-musuhnya agar tidak salah dalam menentukan pilihan. Diantara sekian banyak musuh, setan dan Hawa nafsu adalah dua jenis musuh yang sengat berbahaya. Keduanya bertugas hanya untuk menggiring manusia jauh dari fitrahnya.

Setan selalu berusaha membujuk manusia agar melakukan tindakan-tindakan konyol yang kelaur dari nilai-nilai kemanusian. Adapun hawa nafsu, ia bersifat keinginan-keinginan negatif yang menggiring manusia menuju kerusakan moral.

Allah SWT melarang untuk mengikuti hawa nafsu karena ia ( hawa nafsu) adalah sumber kerusakan. sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Al-Mukminun:71.

وَلَوِ اتَّبَعَ الْحَقُّ أَهْوَاءهُمْ لَفَسَدَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ وَمَن فِيهِنَّ
“Dan seandainya kebenaran itu menuruti keinginan mereka, pasti binasalah langit dan bumi, dan semua yang ada di dalamnya.”

Di ayat yang lain Allah SWT juga menjelaskan bahwa mengikuti hawa nafsu adalah sumber kekafiran dan kebinasaan.

فَلاَ يَصُدَّنَّكَ عَنْهَا مَنْ لاَ يُؤْمِنُ بِهَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ فَتَرْدَى
“Maka janganlah engkau dipalingkan dari (Kiamat itu) oleh orang yang tidak beriman kepadanya dan oleh orang yang mengikuti keinginan (hawa nafsu)nya, yang menyebabkan engkau binasa.” (QS.Thaha:16)

Dan dalam surah Al-Kahf, Allah SWT secara tegas melarang manusia untuk mengikuti hawa nafsunya 

وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَن ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ
“Janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah Kami Lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti keinginan (hawa nafsu)nya.” (QS.al-Kahf:28)

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D