Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Anda Mau Dapat Surga? Berikatan Tulang Lidahmu

Siang itu, aku bersama kawan-kawan lagi asyik berdiskusi seputar cabe dan tomat yang kami bibit di halaman rumah. Sudah sebulan, bibit itu tak kunjung menampakkan tanda-tanda kehidupan. padahal setiap pagi dan sore kami memeriksa dan menyiramnya. Mungkin karena malu memperlihatkan dirinya, sehingga dia terus-terusan bersembunyi dalam tanah yang dibungkus plastik hitam.

Keasyikan kami terusik ketika bentor berisikan rumput berhenti pas depan tempat kami nongkrong. “ Assalamualaikum.” kata lelaki pengendara motor itu. Mendengar ucapan itu, kami serentak menjawab “Wa alaikum salam”.

Lelaki itu berambut hitam putih, berkulit keriput, bertubuh bungkuk, mengenakan pakaian kaos kuning yang bercorak noda hitam. Ia sering disapa dengan sebutan kakek. Anak-anak di kompleks tempat tinggal saya bersorak gembira ketika melihat lelaki tua itu. entah apa yang menyebabkan anak-anak bersorak gembira ketika bertemu dengan kakek itu, tapi yang pastinya, kakek itu sering mengajak anak-anak berkeliling kompleks menggunakan motor yang biasa berisikan rumput atau sampah. 

Pertama kali saya dekat dengan kakek itu ketika motornya mogok. Berbagai cara telah ia lakukan bersama teman-teman saya, tapi motor itu tak kunjung bunyi. Mendengar suara berisik, saya kemudian keluar menghampiri kakek dan teman-teman saya yang sudah diguyur keringat akibat sengatan matahari.

Bermodalkan pengalaman kerja di bengkel motor, dengan gagah saya menggeser semua teman-teman yang sedang mengotak-atik kabulator motor itu. Sejenak aku terdiam saat memandangi motor shogun keluaran 2006 itu. Lalu tanganku menjelajah di bagian kabel boben dan akhirnya motor itu berhasil bunyi. Lalu dengan canda saya berkata, kalian pasti lupa menyebut basmalah dan salawat ketika mencoba membunyikan motor ini. Dengan senyum tipis yang menghiasi wajahnya kakek itu berkata “ ucapanmu betul nak. Hendaknya segala sesuatu dimulai dengan basmalah” saya pun ikut tersenyum serambi memandangi wajah lelaki tua itu.

Sejak kejadian itulah, Saya mulai akrab dengan kakek itu. Setiap kali beliau lewat depan rumah suara klakson pasti terdengar. Dan ketika saya berada depan rumah, ia pasti mengucapkan salam serambi membunyikan klakson motornya yang sudah tua.

***

Hari ini, kakek menyempatkan dirinya untuk berbagi pengetahuan dengan kami. Ada satu ungkapan darinya yang menurut saya menarik untuk didiskusikan yaitu “ kalian mau dapat surga? Berikan tulang lidahmu.” Saya tak tahu pasti makna apa yang terkandung dalam ungkapan sederhana itu tapi yang saya pahami adalah kejujuran dan jangan mengeluarkan kata-kata yang bisa menyebabkan orang tersinggung atau sakit hati. Pesan yang ingin disampaikan kakek itu adalah banyak orang yang  senantiasa mendirikan salat tahajud  tapi dalam kehidupan sosialnya suka menyebar fitnah, permusuhan dan pembunuhan. Semua itu mereka lakukan dengan harapan kelak di akhirat mendapat surga. Padahal orang-orang yang tidak pernah putus salat wajib dan tahajudnya tapi tidak mampu menjaga ucapannya maka sungguh merugilah orang itu.

Pesan inilah yang menurut saya ingin disampaikan kakek itu. Bagaimana menurut kalian? Makna apa yang kalian dapatkan dari ucapan kakek itu?

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D