Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Mutiara Surah Al-Fatihah

Saat orang-orang bertamu di alam mimpi, menikmati perjalannya menelusuri lorong-lorong waktu. Saya masih saja bersendagurau bersama kitab-kitab, mempersiapkan pemahaman untuk diajarkan esok harinya.

Saat mengotak-atik tumpukan buku yang tersusun rapih di atas meja belajar, bola mataku tertuju pada kitab bersampul merah. Keinginan pun datang menghampiri. Kedua tangan yang sedari tadi gatal ingin membuka lembaran buku, berlahan mengikuti jejak pandangan, mengambil buku tersebut.

Jari jemari mulai sibuk mengurusi lembaran kertas buku bersampul merah itu, mataku tak kuasa memandangi tulisan yang kurang hampir mirip lekukan mie. Pikiranpun mulai bekerja, menganalisa harakat tulisan berbahasa arab gundul tersebut.

Saya tercengan saat membacanya. Rasa ingin tahu yang begitu dalam, mengharuskan membacanya sampai tuntas. Redaksi dan penggunaan kata yang begitu sederhana, membuatku lupa waktu. saya seakan dilempar dalam muara pengetahuan tak bertepi. Tersesat tanpa ada yang menolong. Kuambil Pena dan kertas, lalu menulis poin-poin yang kuanggap penting untuk dibagikan. Beberapa poin yang termuat dalam pendahuluan buku itu, kuolah menjadi tulisan artikel.

Adapun hasil olahan tersebut sebagai berikut:

Surah ini tergolong surah Makkiyah, yakni surah yang turun sebelum Rasulullah Saw berhijrah ke Madinah. Jumlah ayat dalam surah ini adalah 7 ayat.

Surah ini memiliki kedudukan yang berbeda di antara seluruh surah. Baik dari segi makna, ungkapan dan redaksi katanya. kekhususan ayat-ayatnya sebagai berikut:

  1. Redaksi Surah Al-Fatihah
Surah ini berbeda dari segi gaya atau redaksi dengan surah yang lain. Redaksi bahasa surah-surah lain terfokus pada ungkapan atau kalam Allah. Adapun redaksi bahasa yang digunakan dalam surah ini, mengajarkan tentang tata cara komunikasi seorang hamba dengan Allah SWT atau  cara bermunajat kepada tuhan.

Kesimpulan ini kita dapatkan dari gaya susunan ayat. Kalau kita perhatikan dengan seksama, Surah ini dimulai dengan memuji Allah lalu pengakuan keimanan kepada Allah dan hari kiamat. Dan diakhiri dengan merengek atau meminta dengan penuh harapan.

Ketika kita dalam keadaan tenang dan betul-betul sadar saat membaca surah ini, kita akan merasa seolah-olah melakukan perjalanan rohani di atas sayap-sayap malaikat menuju alam maknawi. Lalu bertamu di haribaan Rabbul alamin . Kita tidak menemukan sesuatu kecuali Allah SWT. Dan yang menakjubkan, tak ada satupun perantara yang mengantarkan kita sampai pada Allah SWT. Murni hanya interaksi seorang hamba dengan tuhanya tanpa campur tangan Nabi, Rasul, dan bahkan malaikat sekalipun. Dan inilah intisari dari seluruh ayat-ayat Al-Qur’an.

  1. Surah Al-fatihah adalah dzat Al-quran.
Beberapa riwayat telah menjelaskan hal tersebut. Diantaranya, ketika Rasulullah SAW berkata pada Abdullah Al Anshori “ apakah kamu bersedia aku ajarkan sebaik-baik surah yang diturunkan Allah SWT dalam Kitabnya?” “ tentu, demi ayah dan ibuku, ajarkan aku wahai Rasulullah” “ itulah surah Al-Fatihah induk Al-Quran” lalu Rasulullah SAW bersabda “ Surah Al-Fatihah adalah penyembuh dari seluruh penyakit kecuali Kematian”.

Dan juga, dari susunan kalimat surah ini, menitip pesan bahwa pada hakikatnya intisari dari seluruh kandungan Al-quran termuat dalam surah al-fatihah ini. salah satunya saat menjelaskan tauhid, sifat-sifat Allah, lalu menjelaskan tentang hari akhir, dan ditutup dengan hidayah dan kesesatan.

Selain itu, ada beberapa level keimanan yang terkandung dalam surah ini, yakni:
  1. Keyakinan dengan hati
  2. Keyakinan dengan ikrar melalui lisan
  3. Keyakinan dengan perbuatan.
Mungkin, dari level keimanan inilah sehingga ibnu Abbas mengatakan bahwa segala sesuatu punya akar, dan akar Al-quran adalah Al-fatihah.

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

JOIN CONVERSATION

2 komentar:

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D