Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Seniorku idolaku

Kita harus mulai melakukan hal yang sepeleh untuk mengambang tanggun kawab yang lebih besar
Hentakan nafas yang keluar bagaikan udara dari kantong angin, hembusan itu adalah simbol kelegahan. Kata-kata memperbaharui semangat juang yang hampir lenyap ditelan hawa nafsu. Komitmen baru muncul dalam diri: “ saya harus tetap semangat memperjuangkan nilai-nilai kemanusian”
Sosok lembut yang sedang menyampaikan pentinggnya menaruh perhatian pada hal-hal kecil, seperti menyusun sandal, parkir motor, membuang sampah pada tempatnya, nampak seperti jelmaan salah satu karakteristik dari baginda Rasulullah SAW.
Saya terpesona oleh mutiara kebijaksanaannya, kata-katanya  benar-benar mengantarkanku pada alam kedamaian. kesedihan yang menghantui pikiranku lenyap seketika mendegar alunan kalimat yang keluar dari lisanya.
Ya!!!! Sosok itu adalah Seniorku. Salah satu tokoh gerakan yang sampai hari ini tetap eksis menjalankan misi sebagai pengikut ajar Muhammad SAW. Komitmen, konsistensi dan ketegasan bercampur menjadi satu dalam jiwa dan raganya. Karena ahlaq dan kecerdasanya, Orang-orang tunduk, patuh, dan hormat kepada beliau. Sebagai salah satu simbol memuliakan.
Saya sangat yakin bahwa hari ini adalah hari keberuntunganku karena bisa menimbah ilmu dari beliau. Tidak semua orang  berkesempatan berjumpa dengannya apa lagi untuk menimbah ilmu. Ini adalah momen yang harus saya manfaatkan semaksimal mungkin.
Begitu banyak pelajaran berharga yang saya dapatkan darinya. Dari hal-hal yang terkecil seperti menyusun sandal, bersih-bersih, kerapian pakaian, sampai pada melakukan hal-hal besar seperti mengajar, membantu orang yang kesusahan, dan mendekatkan diri pada yang maha kuasa.
Kami mengawali diskusi dengan kisah perjuangannya yang diabadikan dalam memori akal. Beliau menyimpan file tersebut dalam folder sejarah perjuangan sehingga tak sulit untuk menemukannya. Walaupu ada sejuta file yang tersimpan dalam memori tersebut.
Kisah-kisahnya yang sarat akan makna mengubah cara pandang saya dalam memahami pergerakan. Tak selamanya orang-orang yang berjuang atas nama nilai-nilai kemanusia murni berladaskan pada kesadaran akan tugas dan tanggun jawabnya sebagai mahluk sosial. Begitu banyak catatan sejarah yang mengiasahkan penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan para agen perubahan.
Beliau sangat memperhatikan hal-hal kecil yang terkadang dianggap sepele oleh sebagian orang. Contohnya masalah kerapian, sebagain orang menggap kerapian bukanla sesuatu hal yang penting sehingga mereka cenderung mengabaikannya. Atau merapikan sandal, orang-orang terkadang melalaikan hal tersebut padahal itu bagian dari ajaran islam.
Islam memang ajaran multi dimensi. dalam artian,  mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Tapi sangat disayangkan, kaum muslim yang jelas-jelas memiliki ajaran seperti itu mala tidak menjalankannya, justru agama lain yang mengamalkan ajaran tersebut.
Contoh sederhananya Toilet, kalau kita pergi ke mol-mol maka kita akan mendapatkan toilet yang bersih dan wangi, tapi kalau kita pergi ketoilet mesjid, maka yang kita dapatkan adalah toilet yang karatan, bau dan kotor. atau masalah kerapian sandal, kebanyakaan sandal yang kita temukan di masjid-masjid berserakan dimana-mana, atapi kalau kita ke gereja justru yang kita dapatkan berbanding terbalik dengan umat muslim. ini menunjukan bahwa kita sebagai umat muslim lalai terhadapa hal-hal yang kecil.
Selain itu, kebanyakan orang yang mengklaim dirinya cerdas tidak mau mengurusi hal-hal sepeleh, dia selalu ingin melakukan hal-hal besar seperti cerama didepan masyarakat luas, atau mengajar mahasiswa. Mereka tidak lagi terdorong untuk mengajarkan hal-hal yang dianggap kecil seperti mengajar mengaji.

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D