Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

SATRIA KAMPUSKU




Berikut ini adalah tulisan ke-dua ZK. Sahabat yang kemarin menelfon mempertanyakan metode menulis.

Magang adalah salah satu proses dimana semua pelajaran pelajaran yang berbentuk teori yang didapat di kampus akan diaktualkan dalam tindakan dengan bekerja selama beberapa waktu pada sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan.

Ya. saya dan teman teman juga akan menjalani proses tersebut. awalnya kami mnyambut baik hal itu. tapi ketika pihak kampus menyampaikan biaya operasional magang mencapai 1 juta rupiah, sontak menimbulkan reaksi yang beragam dari para mahasiswa. "ini aneh, kenapa uang magang kita naik biayanya dari 700rb menjadi 1juta rupiah.??" "ongkos magangnya terlalu tinggi, mungkin tahun ini saya tidak bisa ikut.." "biaya ini harus dirincikan, kita tidak boleh seperti membeli kucing dalam karung" itulah berbagai.pendapat yang diungkapkan oleh beberapa mahasiswa.

Meskipun tidak disertai dengan tindakan apa apa tetapi mereka jauh lebih baik ketimbang sekolompok mahasiswa yang sama skli bungkam, acuh tak acuh, tidak peduli dengan kenaikan biaya magang. Yah... mungkin karena mereka sibuk, tidak mau pusing, atau karena mereka punya banyak uang. tetapi disini lain.. masih ada beberapa mahasiswa yang berbeda. Ia mempertanyakan dan berusaha mencari tau sebab sebab atas setiap keputusan. mereka meluangkan waktunya untuk berkumpul lalu berdiskusi dan berusaha merumuskan sebuah tindakan. akhirnya mereka memutuskan untuk berdialog dengan penanggungjawab magang sebagai langkah awal. maka diundanglah beliau. dialog pun berlangsung. mereka hanya meminta transparansi terhadap biaya yang mereka akan keluarkan. tapi mahasiswa sama skali tidak mendapat kejelasan. yg ada malah keyakinan akan terdapatnya sebuah penyimpangan. Mereka kecewa.

Tentu saja! tetapi mereka tidak suka kekecewaan. mahasiswa mahasiswa itu kembali berkumpul untuk mempersiapkan langkah selanjutnya. mereka melihat ada sebuah ketidakbenaran. Mereka sadar bahwa hal itu harus diperlihatkan. meskipun harus keluar dari zona nyaman karena melakukan perlawanan.

mereka sadar atas setiap risiko dari sebuah perlawanan yang dilakukan. tapi mereka pantang meyerah. karena mereka bergerak atas nama kebenaran dan untuk kepentingan bersama. kusebut kawan kawan ku itu Satria Kampusku. Andai semua mahasiswa seperti itu???

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D