Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Bertanya Seputar Metode Penulisan



Siang tadi, sekitar pukul 13:00, seorang sahabat menelfon saya. Dia bertanya seputar metode penulisan. Saya tidak menjelaskan bagaimana cara menulis, membuat lead yang menarik dan berbagai unsur terpenting yang perlu diperhatikan dalam menulis. Saya hanya berkata, mulai detik ini kamu buat komitmen untuk menulis minimal satu kata dalam sehari. Luangkan waktumu sekitar lima menit untuk menulis. Setelah selesai menulis, kirim tulisan itu kepada orang yang kamu anggap layak untuk mengoreksi tulisan tersebut. Hal apa saja yang perlu diperbaiki dari tulisanmu.

Saat selesai makan malam, saya membuka Facebook dan melihat tanda pesan masuk. Dengan lincah nya, saya membuka pesan tersebut. Oh ternyata, sahabat yang tadi menelfon mengirim tulisannya. Berikut ini adalah tulisan beliau

Mungkin kau akan bimbang ketika kau diperhadapkan pada konsekuensi atas keberyakinanmu yaitu sebuah pengetahuan atas kesadaran tentang sebuah Tanggungjawab. Tanggungjawab sebagai seorang manusia. Tanggungjawab sebagai hamba Tuhan dan Tanggungjawab sebagai makhluk sosial yaitu penyadaran akan sebuah kebenaran.

Mungkin kebimbanganmu bisa jadi meningkat ketika kau melihat kedalam dirimu. ketika kau melihat dirimu dalam bingkai masa lalu. Masa lalu yang kelam, masa alu yang tanpa tujuan masa lalu yang penuh dengan kesia siaan kata dan perbuatan. semua bentukan masa lalu yang membuatmu sampai kepada kualitasmu seperti saat ini. lalu kau akan mensingkronisasikan antara kualitas dirimu saat ini dan tanggungjawabmu sebagai manusia.

Kau akan berfikir bahwa jangankan untuk bisa bertanggungjawab dalam sosial, bertanggungjawab pada diri sendiripun belum mampu. tapi mungkin kau akan sedikit terhibur karna sebagai individu ada beberapa hal yg mampu kau lakukan. sholat, puasa, berdoa, dan berjilbab yg baik jika kau perempuan dapat kau lakukan. tapi bagaimana dengan sosialmu? bukankah kedua tanggungjawab itu harus berjalan beriringan?? dengan kualitas dirimu saat ini yg terbentuk dari kesia-siaan kenyataan masa lalu, terlebih tidak ada dukungan pengetahuan yg dapat mengantarkanmu sampai pada tanggungjawab sosialmu mka pada saat itu kau akan berada pada puncak kebimbangan. dengan ketika berada pada titik itu bersama dengan penyesalan yg dalam mka tak akan ada yang bisa kau lakukan. kau akan melemah. lemah dan semkin lemah. membuat dirimu sendiri melemah. Tapi pernahkah kau bertanya pada dirimu, mengapa kau masih bernafas sampai detik ini?? bukankah Tuhan memberikan tanggungjawab padamu karna potensi yg ada pada dirimu?? Bukankah kau adalah orang yg beruntung karena telah diberima anugrah kesadaran atas sebuah tanggungjawab?? Tuhan memberimu nikmat kesadaran dan nafas karena Ia masih memberimu kesemptan untk bisa berubah. tuhan memberimu tanggungjawab atas potensi yg ada pada dirimu. "Tidaklah berubah nasib suatu kaum kalau bukan ia sendiri yang mengubahnya" sangat jelas bahwa yang hanya mampu mengubah dirimu sendiri adalah engkau, bukan gurumu, temanmu, orangtuamu.

Yakinkan pada dirimu bahwa tiada kata terlambat untuk berubah dan tiada kata terlambat untuk belajar. tak perlu tergesa gesa untuk menjadi manusia yg bertanggungjawab dalam 2 hal tersebut sekaligus. jngan memaksakan dirimu. mulailah dari hal yg bisa engkau jangkau terlebih dahulu. bukankah hidup adalah proses?? kau bisa memulai dengan berusaha fokus dan konsisten dalam ibadah individumu. hal itu akan membantumu untuk mebersihkanmu dari kotoran masa lalumu. hal itu akan membantu menyucikan jiwamu. bukankah sesuatu yang suci akan mudah terserap oleh jiwa yang suci pula?? itu sangat bisa kau jadikan sebagai jalan menuju pemenuhan tanggungjawab sosialmu. Berbuatlah! bakar kebimbanganmu menjadi semangat Bebuat. Engkau tahu kalo Tuhan tidak pernah tidur.

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D