Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Islam dan Kehidupan Sosial

Islam adalah agama yang menyempurnakan seluruh ajaran-ajaran ilahia yang perna diajarkan oleh nabi-nabi sebelumnya. Kesempurnaan ini bisa kita lihat dari asfek ajarannya yang mencakupi segala sesuatu yang berkaitan dengan Manusia. Baik itu hubungan pada Tuhan maupun hubungan pada sesama ciptaan.

Aturan-aturan yang terkandung dalam ajaran Islam merupakan salah satu bentuk kasih sayang Tuhan. Allah SWT sebagai dzat yang maha sempurna menginginkan hambanya untuk meraih kebahagiaan hakiki sehingga dia menurunkan program-program yang bisa mengantarkan manusia sampai pada kebahagiaan tersebut.

Anehnya, sebagian kalangan, khususnya kalangan muslim sendiri memahami bahwa ajaran islam hanya terbatas pada masalah-masalah individual dan Akhirat, seperti tata cara masuk toilet, cara makan, minum, mandi, shalat, haji, dan sejenisnya. Seakan-akan Islam tidak mengatur masalah-masalah Sosial dan Dunia.

Lahirnya pandangan seperti ini disebabkan oleh ketidak mampuan memahami peran Agama khususnya Agama Islam dalam mengatur hal-hal yang bersifat duniawi dan sosial.

Yang perlu dipahami bahwa kesempurnaan manusia mancakupi akhirat dan dunia. Artinya, manusia bukan hanya memerlukan kebahagiaan di dunia, tapi juga memerlukan kebahagiaan hidup di akherat.

Akal manusia tidak mungkin mencari jalan sendiri untuk mencapai kebahagiaan hidup di akherat, sehingga untuk itu diperlukan bimbingan dari Pencipta dan Penguasa seluruh alam, baik alam dunia maupun alam akherat, yaitu Allah swt. Sedangkan jalan kebahagiaan akherat itu tidak lain harus ditempuh dalam kehidupan di dunia ini. Akal kita saja tidak mungkin mengetahui, apa yang harus kita lakukan di dunia ini, untuk kebahagiaan hidup kita di akherat. Di sinilah perlunya agama yang mengatur semua perilaku kita, demi mencapai kebahagiaan di dua alam kehidupan, dunia dan akherat. Dan ini juga merupakan salah satu dalil diutusnya para Nabi.

Sebagai bukti bahwa islam mengatur seluruh dimensi kehidupan manusia adalah hubungan antara Pria dan Wanita. Lelaki tertarik kepada perempuan dan perempuan tertarik kepada wanita. Mereka ingin menjalin hubungan dan menjalani hidup bersama, membina keluarga dan membuat keturunan.

Agama Islam datang memberikan peraturan yang lengkap dalam masalah ini. Islam memberikan jalan kepada lelaki dan perempuan, bagaimana mereka dapat menyalurkan saling ketertarikan diantara mereka, yaitu lewat jalan pernikahan. Lebih lanjut, Islam juga mengatur, bahwa ada saat-saat suami istri dilarang berhubungan intim, yaitu sata-saat haid. Islam juga mengatur siapa saja yang boleh dinikahi oleh seorang lelaki. Hubungan-hubungan kekeluargaan juga sangat ditekankan dalam Islam, baik yang berhubungan dengan masalah pernikahan ini, atau masalah warisan, juga masalah larangan dan bolehnya menunjukkan aurat, dan sebagainya.

Dalam menjalani hidupnya manusia juga beraktifitas dan berinteraksi satu dengan yang lain. Mereka saling berjual beli, dan melakukan berbagai hubungan kerja. Islam juga datang untuk mengatur semua itu. Bisa dipastikan bahwa tidak ada agama yang mengatur urusan muamalah diantara sesama manusia ini, dengan lengkap sebagaimana yang ada dalam ajaran Islam. Lihat saja kitab-kitab fiqih, bab muamalah, terutama masalah jual beli, perbankan, hutang piutang, pinjam meminjam, sewa menyewa, dan lain sebagainya dengan semua perincian dan masalah-masalah cabangnya. Islam juga mengatur masalah zakat, infaaq, khumus, kaffarah, perpajakan, dan sebagainya yang semua itu jelas-jelas menyangkut masalah ekonomi. Islam juga mengatur masalah-masalah yang berkenaan dengan militer dan memberikan kaedah-kaedah atau pedoman utamanya dengan lengkap. Islam mendorong pembentukan kekuatan pertahanan untuk menghadapi kemungkinan serangan musuh. Islam juga memberikan petunjuk dan kode etik berperang, seperti larangan membunuh warga sipil, larangan merusak bangunan dan properti umum, larangan menebangi pepohonan, tatacara memperlakukan tawanan, pembagian harta rampasan, perjanjian perdamaian dengan musuh, dan sebagainya. Singkatnya, Islam memiliki ajaran-ajaran, yang tentunya harus diamalkan dengan sebaik mungkin, di semua bidang dan urusan kehidupan manusia. Dimana semua itu merupakan bagian yang tak boleh dipisahkan dari ajaran Islam.

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D