Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Wah! Aktivis kampus menghilang, Apakah kalian melihatnya?


Penapancasila.top- Memang aneh ketika kita melihat seseorang menyukai semasa jenisnya. Karena, binatang ternak yang jelas-jelas tidak memiliki akal bisa membedakan antara betina dan jantang dan mereka bersetubuh dengan lawan jenisnya bukan sejenisnya. Tapi menurut saya, itu tidak terlalu aneh dibandingkan mahasiswa dan para aktivis yang hanya duduk manis membiarkan pihak kampus meniadakan pengkaderan dan demo. 


Universitas yang  dijuluki sebagai perguruan tinggi berbadan hukum (PTMBH) kini menjadi virus mematikan. Para mahasiswa dilarang untuk melakukan kaderisasi dan demo tanpa alasan yang jelas. Kampus yang seharusnya menjadi super hero yang membasmi kebodohan, penindasan dan kesewena-wenangan malah menjadi pusat perbelanjaan.

Aturan yang dikeluarkan kampus telah berhasil memenjarakan mahasiswa dan aktivis di tempat yang tak dapat ditembus oleh cahaya. Aktivis dan mahasiswa ketakutan, penjara itu nampak seperti bangunan di film-film horor. Tak ada yang berani bersuara, karena bisa memicu kedatangan Sundel Bolong yang bisa menjadikan mereka santapan makan malam.

Ya, mahasiswa dan aktivis hanya bisa berdiam diri menyaksikan pihak kampus mengikatkan rantai di leher mereka. Sekali saja mereka mengamuk maka tamatlah riwayatnya. Ketika ada seorang mahasiswa yang mencoba melanggar aturan tersebut maka status kemahasiswaannya akan dicopot atau di dikeluarkan. Ya, hari ini kampus  nampak seperti binatang buas yang siap siaga menerkam mangsanya.

Kampus yang dianggap sebagai wadah untuk menciptakan generasi penerus yang memiliki kualitas intelektual dan spiritual yang akan memimpin Indonesia menuju negara merdeka, hanya bisa menciptakan kader-kader duplikat. Kampus yang seharusnya menciptakan kader-kader cerdas yang peduli dengan nilai-nilai kemanusiaan, malah mengarahkan mahasiswanya menjadi budak perusahaan.

Kapitalisme yang selama ini nampak seperti  setan di film film horor kini berubah wujud menjadi  bunglon yang bisa menyesuaikan diri dimanapun ia berada. Ketika ia berada di atas  pohon maka kulitnya berubah menjadi hijau , dan ketika berada di tanah, maka ia akan menyesuaikan warna kulitnya dengan tanah. Begitu juga kapitalisme, Dulu mereka hanya berhasil masuk ke dalam pengelolaan sumber daya alam dan mereka seolah-olah malaikat pembawa  keberuntungan bagi masyarakat. Tapi sekarang, mereka juga berhasil merasuk ke dalam lembaga pendidikan. Sekarang, kampus tidak hanya bertujuan untuk mencetak insan yang memiliki kualitas intelektual dan spiritual, tapi juga mencetak insan yang memori otaknya dipenuhi fail-fail untung rugi.

Matinya kaderisasi kampus dan adanya pelarangan  melakukan demo adalah awal kehancuran negara. kaderisasi kampus adalah salah satu wadah pengembangan intelektual yang bertujuan untuk menciptakan generasi yang memiliki daya kritis dan kemampuan analisis. Dan kaderisasi, juga sebagai media pembelajaran untuk mengelola suatu lembaga. Maka dari itu, ketika kaderisasi dimatikan maka akan lahir generasi-generasi perusahaan yang sewaktu kuliah hanya mengejar IPK. Sedangkan Demo adalah salah satu bentuk protes terhadap suatu kebijakan yang dianggap menyimpang atau salah jalur. Dan ketika itu dimatikan, maka para penjahat yang bersembunyi di balik jas negara akan merdeka

Satu-satunya Sosial Control yang bisa diharapkan hari ini adalah mahasiswa, karena DPR, kebanyakan tidur pada saat sidang soal rakyat, dan Pers dikendalikan oleh orang-orang berkantong tebal.

Para mahasiswa, khususnya yang bergelut di organisasi pergerakan harus mengambil langkah konkret untuk menyikapi permasalahan ini. Seseorang yang digelari sebagai mahasiswa memikul tanggung jawab besar yang mengharuskannya untuk bertindak. Mahasiswa adalah kaum intelektual, dan kaum intelektual sejati tidak akan pernah membiarkan ketidak adilan dan kekacauan terjadi di sekitarnya.

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D