Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Lelaki tua dan seorang bocah


Penapancasila.top- Seorang lelaki berambut putih, berbadan bungkuk, berjalan menuju gerobak sepeda serambi membawa kresek merah yang disodorkan bocah kecil berusia 8 tahu. Kresek merah berisikan nasi, lauk dan air putih itu ia gantung dekat setir yang terbuat dari besi bundar. Kresek merah seakan telah memboking tempat itu. Setiap menjalankan misinya sebagai tukang sampah, kresek merah selalu berada di terlihat di tempat tersebut.

Saat lelaki tua itu hendak mengambil sampah warga yang diletakkan di halaman rumah, kata “Assalamualaikum” selalu terdengar dari lisannya. Terkadang, salamnya tak terbalas. Ya! Mungkin  sang pemilik rumah sedang keluar atau mendengkur. Tapi jawaban salam bukan masalah baginya. Terjawab atau tidak, ia tetap berjalan menuju tong  sampah tanpa menghiraukan pemiliknya.

 
Saat sampah-sampah itu mulai menggunung, Lelaki tua itu mengambil cangkul pengait lalu meratakannya. Terkadang lelaki tua itu Nampak  tak berdaya ketika sampah-sampah memenuhi gerobaknya. Ya, Mungkin karena belum makan atau fisiknya yang sudah lemah sehingga ia terlihat ngos-ngosan saat mendayu.

Tubuhnya semakin melemah, tenaganya terkuras habis. Matanya bergoyang dengan lincah seakan mencari sesuatu. saat gerobaknya mendekat ke pohon besar. Ia turun dari sepedanya dan mengambil kresek merah lalu berjalan menuju pohon besar yang Nampak seperti surga.

Sesampainya di pohon tua itu, ia membuka kresek merahnya. Tiba-tiba, terlihat kertas putih di atas Rantang makanan. Ia mengambil kertas itu dan membuka lipatannya. Saat matanya bergerak mengikuti nada tulisan, terlihat butiran air menghiasi kedua bola matanya. Mengapa tidak, keponakan berusia 8 tahun yang setiap pagi menyediakan bekal untuknya,  menyampaikan rasa terima kasih karena telah merawat dan membesarkannya dengan cinta dan kasih sayang.

Ya! Selama ini yang hadir sebagai sosok orang tua adalah lelaki tua itu. Setiap malam, ia bercerita tentang kisah para nabi sebagai pengantar tidur.

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D