Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Islam dan Kebutuhan Manusia

Penapancasila.top- Islam merupakan agama universal yang mengandung prinsip-prinsip hak asasi manusia sebagai sebuah konsep ajaran. Islam memandang setiap manusia sama. Perbedaan individu yang satu dengan individu yang lainya terletak pada kualitas keimanan dan ketaqwaannya. Hal ini merupakan dasar yang sangat kuat dan tidak dapat dipungkiri.

Konsep ini pada dasarnya telah memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pembangunan dan perkembangan prinsip-prinsip hak asasi manusia.
 
Al-Qur’an sebagai landasan hidup umat muslim, telah mempersembahkan atau menyajikan sebuah sistem universal yang mengatur segala aspek kebutuhan manusia, baik dari sisi kebutuhan spritual maupun kebutuhan sosial.

Salah satu tujuan dari ajaran islam adalah menegagkan sebuah tatanan masyarakat yang ideal yang bisa membantu manusia untuk sampai pada tujuan penciptaanya yaitu kesempurnaan. Kesempurnaan manusia tidak bisa diraih hanya dengan melakukan ibada individual yaitu shalat dan puasa, akan tetapi kesempurnaan itu bisa diraih dengan melakukan penghitmatan atau ibadah sosial, yaitu saling membantu sesama manusia.

bagi umat islam, Al-Quran adalah kitab yang tak sedikitpun ada keraguan didalamnya, sebagaimana firman Allah SWT:
Kitab (Al Quran) initidakadakeraguanpadanya; petunjukbagimereka yang bertaqwa(QS. Al-Baqara:2)

Oleh sebab itu, apa pun yang dikatakan oleh Al-Quran adalah kebenaran. Ketika Al-Quran memerintahkan ummat manusia untuk melakukan sesuatu maka wajib bagi manusia untuk melakukannya ketika Al-Quran melarang untuk melakukan sesuatu maka manusia wajib meninggalkannya.

Kaum muslimin dituntut untuk menegakkan sebuah tatanan masyarakat yang adil dan sejahtera berdasarkan etika dalam kehidupan manusia. Hak asasi dan demokrasi adalah dua hal yang saling terkait satu sama lainnya. Tidak ada demokrasi tanpa adanya hak asasi manusia, begitu juga sebaliknya bahwa hak asasi manusia tidak akan terbentuk tanpa adanya demokrasi. Dengan kata lain bahwa eksistensi demokrasi berkaitan dengan eksistensi hak asasi manusia.

Manusia mempunyai kedudukan tinggi dalam kosmologi sehingga ia harus diperlakukan secara proporsional pada posisi yang mulia. Manusia mempunyai hak dan kapabilitas untuk menjadi khalifah di muka bumi. Sebagaimana yang dijelaskandalam Al-Quran.

Dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (QS. Al-Isra’:70)

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D