Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

DOA: Memaksa atau Merayu

Senjata ampuh milik manusia dikala dilanda musibah adalah doa. Hampir setiap kali cobaan menghampiri, ia senantiasa melantunkan bait-bait doa dengan sejuta harapan. Bahkan setiap upacara keagamaan, doa selalu dipanjatkan. 

Hanya saja terdapat perbedaan dalam lirik doa, ada yang cenderung terang-terangan mengutarakan permintaannya tanpa didahulu pujian atau rayuan. Tanpa kenal basa basi, ia meminta bagaikan raja pada budaknya. Contohnya " tuhan berikan aku rezeki, jagalah aku, sembuhkan penyakitku dan seterusnya. Ungkapan ini menitip pesan perintah, Seakan-akan kita memerintahkan tuhan mengabulkan apa yang diinginkan.

Walaupun secara sadar kita memahami maksud dan tujuan bukan memerintah tuhan melainkan sebagai bentuk kepasrahan dan ketundukan pada sang pencipta.

Selain itu ada juga yang mendahului permintaannya dengan rayuan. Contohnya, wahai Tuhan yang ditangannya segala sesuatu bergantung"  wahai sang pemurah dan pemberi" dan sejenisnya. Doa jenis ini memakai logika sederhana yaitu, ketika permintaan yang didahului pujian besar kemungkinan akan terkabul.

Contoh sederhana ketika kita minta sesuatu pada orang dengan memuji terlebih dahulu mereka akan cenderung memberikan tapi ketika kita langsung mengutarakan niat kita maka yang ada orang akan berfikir dua kali untuk mewujudkan keinginan kita walaupun tidak semuanya seperti itu. Tapi besar kemungkinan diberikan ketika kita meminta dengan merayu terlebih dahulu.

Konsep ini hanya sebatas subjektifitas saya
Mohon diluruskan jika salah. Silahkan komen untuk mendiskusikan wacana ini

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

JOIN CONVERSATION

6 komentar:

  1. Merayu tanpa sedikitpun memaksa, namun tetap penuh harap wkkw

    ReplyDelete
  2. Dan hanya kepada-Nya kita bisa berharap, pasrah dan selalu merayu agar harapan kita selalu dikabulkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang Day. Hanya dia satu-satunya tumpuan harapan tempat bergantung orang lemah sebab dia adalah raja dari sang raja yg bisa membalikkan keadaan. Makasih banyak bang day semoga bermanfaat

      Delete
  3. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D