Hello

Welcome To My Blog

MISBAHUDDIN HASAN
Semoga Tulisan di Blog ini Bermanfaat Bagi Anda

Recent

Agama adalah Candu?

Agama, selalu saja menjadi hal yang menarik untuk didiskusikan. Sejak dahulu sampai detik ini, para pemikir menaruh perhatian khusus pada konsep ajaran Agama sehingga lahirlah beberapa pandangan yang saling bertentangan. Sebagian menganggap bahwa Agama adalah ajaran yang menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia, dan sebagian lagi beranggapan bahwa Agama hanya berkaitan dengan akhirat dan membatasi gerak manusia untuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

Salah satu tokoh yang menganggap bahwa agama telah membatasi gerak manusia untuk melakukan perbaikan sosial adalah Marx sebagaimana ungkapannya yang masyhur “Agama adalah candu bagi Masyarakat”.

Kalau kita memperhatikan argumentasi Marx secara seksama maka kita akan sampai pada satu kesimpulan bahwa ia meyakini  ajaran Agama  telah membatasi gerak manusia untuk mewujudkan kesejahteraan hidup. Agama seolah-olah hanya berkaitan dengan hal-hal dunia dan menghambat proses perkembangan zaman. Nampaknya Marx mengalami kecelakaan berfikir yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan terhadap peran agama dalam kehidupan sosial.

Pada dasarnya, ajaran Agama yang murni selalu selaras dengan perkembangan zaman. Tak ada satu pun ajaran agama samawi yang membatasi gerak manusia untuk mewujudkan kesejahteraan hidup apalagi melarang manusia untuk melakukan perlawanan. Justru selama ini yang aktif melakukan perlawanan terhadap ke-sewena-wenangan dan aktif berjuang untuk membangun peradaban yang cinta damai adalah tokoh-tokoh Agama.

Beberapa bukti konkret bahwa Agama mengajarkan penganutnya untuk melakukan perubahan sosial atau perlawanan adalah, perjuangan kaum Rohaniwan Katolik menghadapi diktator dan rezim meliter di berbagai Negara Amerika Selatan dan Polandia. Perjuangan yang dilakukan oleh ulama Indonesia untuk mengusir penjajah. Atau perjuangan para Ayatollah yang berhasil menggulingkan kepemimpinan rezim Iran yaitu Reza Pahlevi. beberapa bukti perlawanan tersebut menunjukkan bahwa agama tidak hanya mengajarkan Manusia untuk menjalin hubungan dengan Tuhan tapi juga mengajarkan tentang hubungan sosial. Salah satunya adalah perlawanan terhadap ke-dzaliman.

Share this:

PENULIS

Pemuda sapaan Misbah. Kini aktif di berbagai lembaga pendidikan. Sembari menjalani kehidupan sebagai seorang Mahasiswa, juga sebagai penulis lepas

BERGABUNGDENGAN PERCAKAPAN

0 komentar:

Post a Comment

Salam Cinta
NB:
Berkomentarlah dengan bijak
Selamat berkomentar...... :D